Peran dan eksistensi APDESI Membangun Indonesia Dari Pelosok Desa di Bumi Nusantara

Peran dan eksistensi APDESI Membangun Indonesia Dari Pelosok Desa di Bumi Nusantara
Ketua Umum DPP APDESI, Asep Anwar, SH

MimbarNews.com - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) merupakan wadah organisasi berhimpun Kepala Desa, Aparatur Desa dan Pemerhati Desa disamping banyaknya lagi organisasi organisasi perhimpunan yang berkaitan dengan Desa. 

Dalam perjalanan panjangnya APDESI terus menjadi mediator dan pelopor menyuarakan dan mengawal kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah dalam menyusun dan membangun percepatan kemajuan Desa di Indonesia.

Sepuluh tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah banyak kebijakan dan perhatian terhadap Desa baik secara anggaran maupun dalam bentuk kebijakan dan peraturan perundang undangan, puncaknya ada pada kebijakan anggaran operasional Desa dan Revisi UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah di sahkan menjadi UU No 3 Tahun 2024 Perubahan Kedua Tentang Desa.

    Hal tersebut diatas tentunya bukan hanya sekedar peran tunggal APDESI atau personal melainkan Upaya Bersama organisasi organisasi Desa yang ada untuk selalu bersuara, berkoordinasi dan audiensi kepada Pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif hingga pada aksi-aksi demonstrasi di halaman DPR RI. 

    Namun sungguh juga tidak berlebihan bila di asumsikan bahwa APDESI memiliki peran penting dalam setiap menyuarakan kepentingan kepentingan Desa kepada pemerintah dalam banyak kesempatan.

    Sebagai organisasi berskala nasional dengan struktur kepengurusan dari tingkat pusat DPP hingga ke tingkat Kecamatan DPK, maka dinamika dan penyegaran terus berjalan seiring waktu untuk menjaga eksistensi organisasi ini  sebagaimana mandat awal pendiriannya. 

    Dengan maksud dan tujuan agar bagaimana terus dapat menjadi wadah pemersatu dan corong penyuara kepentingan Desa masa kini dan masa depan secara mandiri tanpa membawa kepentingan apapun melainkan hanya untuk desa. 

    Tepat pada tanggal 28 s/d 30 april 2024 bertempat di Bumi SriWijaya Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan telah dilangsungkan MUNASLUB 2024 DPP APDESI yang dihadiri oleh 26 DPD jajaran pengurus Provinsi  sebagai peserta penuh di  tambah beberapa peserta peninjau perwakilan DPC yang juga berkesemapatan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

    Pada forum tertinggi pengambilan Keputusan tersebut di amanahkan secara aklamasi saudara Asep Anwar, SH Kepala Desa Cibeber Kecamatan Kiara Pedes Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APDESI untuk terus melanjutkan estapet kepemimpinan dari sebelumnya dan sebagai regenerasi alih kepemimpinan di tubuh organisasi.

    Anwar Asep atau akrab disapa kang Asep adalah sosok yang juga tidak asing bagi semua rekan rekan Kepala Desa yang berada di APDESI sebab beliau sebelumnya merupakan Sekretaris Jendral DPP APDESI sehingga punya pengalaman dan pengetahuan untuk terus menjaga organisasi ini terus maju dan membimbing kawan kawan pengurus Daerah untuk tidak berhenti menyuarakan dan membangun Desa Bersama Kepala Desa Kepala Desa yang aktif.

    Organisasi APDESI harus tetap menjadi Lembaga yang  mandiri namun tetap bisa menjaga keseimbangan dalam mengikuti dinamika Nasional sehingga hak hak Desa terus bisa diakomodir dalam berbagai kebijakan kebijakan di Pusat maupun di Daerah. 

    Sebagai Kepala Desa aktif beliau mengisyaratkan beban dan tugas tanggung jawab setiap Kepala Desa adalah melaksanakan Amanah yang diberikan masyarakat secara akuntabel sehingga menjadi seorang pemimpin  Desa adalah anugerah tersendiri dari Allah SWT dengan berbagai macam latar belakang masing masing kepala Desa dan tantangan tantangan di Desa masing masing. 

    Maka kedepan APDESI terus diharapkan untuk menjalin kemitraan kepada setiap lini stakeholder disemua tingkatan dari pusat hingga daerah. Sehingga peran dan eksistensi APDESI membangun Indonesia dari pelosok Desa di Bumi Nusantara benar benar dapat terlihat dan dirasakan oleh seluruh Masyarakat Desa Secara umum.

    Pokok pokok pemikiran aparatur Desa di seluruh pelosok Nusantara yang bervariatif dengan kondisi kondisi desa masing masing dan juga kebutuhan serta tantangannya harus mampu terfilterisasi oleh Lembaga ini untuk difasilitasi dan disampaikan kepada pemerintah guna menjaga dan mempercepat kemajuan desa.

    Organisasi APDESI di kepemimpinan Asep Anwar,SH diharapkan tidak lagi berfokus pada kegiatan kegiatan seremonial organisasi yang tidak terukur dalam memberikan feed back kepada kemajuan dan kebutuhan Desa.

    Namun bagaimana agar organisasi ini lebih subtantif bergerak menjembatani kepentingan kepentingan Desa di daerah untuk terus tumbuh dan tersentuh melalui kebijakan kebijakan Pemerintah Pusat (kementrian) dan daerah di luar kemampuan Desa berdasarkan anggaran yang dimiliki.

    Keberhasilan tersebut akan dapat tercapai dengan indicator sebagai berikut : Kemandirian Pengelolaan Organisasi di semua lini tingkatan, Menjaga independensi organisasi pada kepentigan kepentingan politik kelompok tertentu dan menjadi rumah yang aman dan nyaman bagi setiap kepala Desa, menjadi mitra yang baik bagi eksekutif dan legislatif di semua tingkatan.

    Dukungan dan soliditas serta semangat membangun Kepala Desa di seluruh Nusantara  Bersama APDESI di bawah Kepemimpinan Kang Asep dan seluruh Jajaran DPD APDESI, DPC dan DPK akan memberikan warna yang lebih berbeda dan menarik lagi dari sebelumnya.

    Maka mimpi besar Desa sebagai titik kemajuan Pembangunan Indonesia dengan segala potensi yang dimiliki baik secara Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Desa bukan hanya isapan jempol belaka, Majulah Indonesia Ku, Sejahteralah Desa Ku dan Jaya lah APDESI Ku.

    Salam Berdesa

    Riau, 05 Mei 2024

    Harpin Bahrum, S.sos (OKK DPD APDESI RIAU)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index