Pj. Bupati Aceh Tamiang Tanam Rumput Vetiver Cegah Erosi Tanggul Sementara

Pj. Bupati Aceh Tamiang Tanam Rumput Vetiver Cegah Erosi Tanggul Sementara
Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, bersama Forkopimda saat melakukan gerakan tanam rumput Vetiver di atas tanggul sementara Kampung Gelung, Seruway, Jumat (12/1/2024). [dok. Prokopim 2024

Aceh Tamiang, MimbarNews.com -- Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, melakukan gerakan tanam rumput Vetiver di atas tanggul sementara Kampung Gelung, Seruway, Jumat (12/1/24) kemarin. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah erosi tanggul sementara yang dibangun di sejumlah titik Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang.

Vetiver (Vetiveria zizanioides Syn) ini kita tanam supaya tanggul sementara yang dibangun kemarin tidak erosi lagi. Kita bikin penghijauan. Karena kalau tidak, kita khawatir akan terjadi erosi lagi,” ungkap Pj. Bupati Asra.

Pj. Bupati Asra mengatakan, rumput Vetiver merupakan tanaman yang sangat efektif untuk menjaga tanah agar tidak erosi. Oleh karena itu, ia meminta warga ikut aktif merawat rumput Vetiver yang telah ditanam sembari menjaga tanggul sementara tersebut.

“Kami titipkan tanggul yang tidak sempurna ini kepada masyarakat. Kalau kira-kira ada yang bakal pecah, gotong royong. Jangan ditonton. Supaya bapak dan ibu  tidak tenggelam di sini. Tanggul ini harus kita jaga. Rumput Vetivernya juga dirawat,” pesannya kepada warga Kampung Gelung.

Sementara itu, Camat Seruway, Rusni Devi A. Manullang, menyampaikan, pembangunan tanggul sementara di Kampung gelung ini mencapai panjang 350 meter dan ada kemungkinan bertambah. Sebab, masih ada titik-titik tanggul yang mesti diperbaiki karena berpotensi jebol. Mewakili warga, Devi meminta Pj. Bupati memperbaiki titik-titik rawan tersebut.

Kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRK, Suprianto, Dandim 0117, Letkol Inf. Andi Ariyanto, Wakapolres Kompol Ichsan, Manajer PT. Socfindo, Kepala Cabang Bank Aceh, Aprian, Kepala BPBD, Iman Suhery, Kepala Dinas Sosial, Zulfiqar, Plt. Kepala Distanbunnak, Yunus, dan sejumlah Kepala SKPK, pimpinan BUMN/BUMS, serta tamu undangan lainnya.**(tarm/MN)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index